5 Tips Agar Klien Bisnis Tidak Berpaling Dari Anda

Anda bisa membuat klien agar terus menggunakan atau menikmati jasa ataupun produk dari bisnis Anda. Klien merupakan aset berharga yang patut dijaga dengan baik. Anda harus berupaya keras untuk menjadikan klien selalu memakai produk atau jasa bisnis Anda.

Klien yang sering kali ingat dengan bisnis Anda akan membawa banyak keberuntungan. Suatu hari, mereka akan kembali melakukan pembelian produk Anda, menghubungi Anda untuk kepentingan kerja sama bisnis, atau memakai layanan jasa Anda untuk suatu proyek bisnis.

Tentu saja, kepuasan merupakan kunci utama untuk menjaga klien agar tidak bisa melupakan bisnis Anda. Jika Anda sukses membuat mereka puas dengan bisnis dan pelayanan Anda, maka kemungkinan besar mereka akan menjadi konsumen loyal dan tidak akan berpaling ke lapak lainnya.

menjaga klien bisnis, menangani klien bisnis, cara menjaga loyalitas klien bisnis

Nah, jika Anda merasa bahwa telah menyerahkan yang terbaik untuk klien bisnis Anda, maka selanjutnya ialah berjuang untuk menjaga hubungan dan membuat mereka tidak melupakan Anda. Bagaimana caranya? Daripada penasaran, ikuti beberapa 5 tips agar klien bisnis tidak berpaling dari Anda berikut ini.

1. Biarkan klien tahu aktivitas bisnis Anda

Kini setiap orang bisa terhubung dengan mudah dan cepat. Kapan saja dan di mana saja, setiap orang dapat terhubung berkat adanya teknologi internet. Manfaatkan hal tersebut untuk memberitahu klien Anda mengenai berbagai kegiatan atau pekerjaan bisnis yang Anda jalankan.

Misalnya, dengan mengirim email newsletter secara rutin. Bisa juga dengan saling mengikuti akun media sosial klien. Kemudian, anda rajin memberikan informasi yang penting, Seperti, produk atau proyek teranyar dan event yang akan bisnis Anda dijalankan.

2. Kirimkan pesan pada klien (sering komunikasi)

Cobalah mengontak klien terlebih dahulu melewati SMS atau WhatsApp. Tentunya, hindari pesan yang sok akrab, seperti menanyakan apa yang sedang dilakukannya sekarang. Mungkin mereka sedang sibuk dan tidak ingin diganggu sama sekali. Misalnya, Anda bisa mengirim pesan yang mengandung sapaan kepada klien Anda. Misalnya, “selamat pagi, kabar baik Bapak/Ibu? Kebetulan saya baru saja melewati kantor Anda, hingga saya teringat dengan Anda. Senang pernah berkolaborasi dengan Anda. Kabarnya, bisnis Anda sekarang semakin sukses. Kapan-kapan, mungkin saya akan mampir ke kantor Anda.” Nah,misal pesan tersebut dapat dikirimkan pada klien Anda. Siapa tahu akan ada proyek kerja sama yang baru.

3. Ingat momen spesialnya

Klien akan senang jika Anda mengucapkan selamat pada momen spesialnya. Seperti hari ulang tahunnya, hari ulang tahun perusahaannya, atau ketika klien sedang merayakan sebuah pencapaiannya. Misalnya, Anda bisa mengirimkan kartu ucapan selamat ulang tahun atau karangan bunga untuk mengucapkan selamat atas peluncuran bisnis baru klien Anda.

4. Berikan hadiah di Hari Raya

Hari raya bisa menjadi waktu untuk bersilaturahmi. Coba berikan hadiah seperti parsel ketika hari raya Idul Fitri atau Lebaran, ketika hari Natal, atau ketika tahun baru tiba. Meski mungkin hanya setahun sekali Anda memberikan hadiah tersebut, klien tentu akan menghargainya dan Anda akan sering kali diingat. Bahkan mungkin klien juga akan memberikan Anda hadiah sebagai balasan dan rasa terima kasih.

Baca Juga : 5 Tips Mendapatkan Uang dengan Memanfaatkan Waktu Kosong

5. Buatlah janji untuk bertemu klien

Tentu saja, hubungan Anda dengan klien akan lebih dekat jika sudah beberapa kali bertemu secara langsung. Cobalah membuat janji dengannya untuk bertemu di kantor atau di tempat tertentu. Pertemuan tidak harus selalu membicarakan kepentingan bisnis. Anda bisa mengajak bertemu untuk merundingkan apa saja, layaknya sedang mengobrol dengan teman sendiri. Upayakan bangun hubungan dengan komunikasi yang menyenangkan.

Nah, demikian isi ulasan mengenai 5 tips agar klien bisnis tidak berpaling dari Anda yang dapat disampaikan kali ini. Anda bisa mengikuti beberapa tips tersebut agar klien Anda selalu melihat bisnis Anda dan tertarik untuk terus membina kerja sama bisnis. Selamat mencoba tipsnya.

0 comments

View MoreHOTTEST ARTICLES