6 Kategori Orang yang Beresiko Mengidap Penyakit Jantung

Jantung merupakan organ tubuh yang sangat penting. Tanpa jantung manusia tidak akan dapat hidup. Maka dari itu menjaga kesehatan jantung merupakan hal yang wajib dilakukan. Tahukah Anda bahwa terdapat kategori orang yang beresiko penyakit jantung? Anda wajib mengetahuinya, agar penyakit jantung dapat diantisipasi sedari dini.

ciri ciri pengidap sakit jantung, kategri pengidap jantung, contoh orang pengidap sakit jantung

Akhir-akhir ini terlalu banyak kejadian beberapa orang meninggal akibat serangan jantung yang tiba-tiba. Untuk meminimkan hal demikian, Anda dapat berjaga-jaga sejak dini. Kenali kategori orang yang beresiko penyakit jantung di bawah ini:

1. Umur dan jenis kelamin

Pria yang memiliki umur 50 tahun mempunyai resiko lebih tinggi apabila dibandingkan dengan wanita yang memiliki umur yang sama. Namun ketika wanita sudah mengalami menopause maka risiko terkena jantung akan meningkat, hal ini dikarenakan adanya penurunan yang cukup tajam pada hormon estrogen yang memiliki sifat memproteksi kerja jantung.

2. Keturunan

Penelitian telah menunjukkan, apabila dalam sebauh keluarga memiliki riwayat gangguan jantung, maka keturunannya akan cenderung terkena hal yang sama, bahkan cenderung berkembang. Maka jika Anda termasuk ke dalam kategori orang yang beresiko penyakit jantung karena keturunan, segeralah menjaga kesehatan Anda untuk meminimkan penyakit berikut.

3. Diabetes

Orang yang mengidap diabetes atau yang disebut kencing manis juga berpotensi untuk terkena jantung. Hal ini dikarenakan akibat komplikasi dari penyakit diabetes.

Baca Juga : 6 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata

4. Merokok

Kategori orang yang beresiko penyakit jantung selanjutnya ialah perokok, baik peroko aktif atau pun pasif. Merokok aktif atau secara langsung memberikan sumbangan angka sekitar 20% dari semua kematian akibat penyakit jantung. Dan sebanyak 50% dari serangan jantung pada wanita berumur 55 tahun. Merokok bisa meningkatkan tekanan darah, serta memberikan zat racun seperti nikotin dan karbon monoksida dalma peredaran darah. Hingga akhirnya zat tersebut dapat menimbulkan kerusakan pada pembuluh darah dan berisiko mengalami masalah pada jantung. Sedangkan untuk perokok pasif memiliki risiko lebih tinggi daripada perokok aktif.

5. Obesitas

Kategori orang yang beresiko penyakit jantung lain ialah kelebihan berat badan. Obesitas dapat memicu tekanan darah tinggi dan menimbulkan ketidaknormalan takaran lemak dalam tubuh. Mengobati obesitas merupakan cara untuk menghindari diabetes. Seperti yang telah dijabarkan sebelumnya bahwa diabetes dapat memicu penyakit jantung koroner.

6. Gaya hidup

Gaya hidup juga dapat menentukan risiko penyakit jantung, khususnya bagi mereka yang jarang bergerak atau olahraga. Dengan berolahraga LDL akan menurun, sebaliknya HDL akan meningkat. Ini aka melindungi Anda dari sakit jantung.

Dengan mengetahui kategori orang yang beresiko penyakit jantung di atas, Anda dapat lebih berhati-hati lagi dalam mengambil keputusan dalam hidup Anda. Khususnya dalam hal mengkonsumsi makanan dan pola hidup yang Anda terapkan.

0 comments

View MoreHOTTEST ARTICLES