5 Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan

Kita mengenal manfaat bawang bombay untuk keperluan dapur, berfungsi sebagai bumbu untuk berbagai jenis masakan. Namun, dibalik manfaat bawang bombay untuk penyedap masakan, nutrisi yang terkandung didalam bawang bombay dapat bermanfaat untuk kesehatan.

Manfaat bawang bombay digunakan untuk kesehatan manusia bukan tanpa alasan. Karean didalam bawang bombay mengandung kalori, serat, gula protein, karbohidrat, zat besi, fosfor, folat, magnesium, kalium, antioksidan dan kuersetin. Selain beberapa kandunag tersebut bawang bombay juga kaya akan vitamin seperti vitamin B6 dan vitamin C serta Mangan.

Selain menjadi salah satu bumbu dapur yang diutamakan, manfaat bawang bombay banyak digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan, mencegah terjadinya pengerasan pembuluh arteri, meredam gangguan jantung, memperlancar buang air kecil.

manfaat bawang bombay, pengobatan bawang bombay, bahaya bawang bombay

Selain segudang penyakit yang dapat diatasi dengan manfaat bawang bombay , ada penyakit yang disebabkan oleh masalah pernafasan juga dapat berkurang karena bawang bombay seperti asma, batuk rejan, bronkitis serta mampu mengatasi masalah sakit tenggorokan dan mulut.

Sebuah penelitian mengungkapkan fakta mencengangkan tentang manfaat bawang bombay :

  1. Menghilangkan bekas luka. Bawang bombay dapat menghilangkan bekas luka seperti luka akibat tergores, luka pascaoperasi, luka akibat terbakar, serta luka akibat bekas menghapus tato. Cara menghilangkan luka tersebut memang membutuhkan waktu yang lama. Selama 2 hingga 6 bulan secara rutin.
  2. Manfaat bawang bombay untuk mengatasi rambut rontok. Pengidap alopecia areata atau rambut rontok disarankan mencoba masker bawang bombay untuk rambut. Gunakan masker rambut ini selama 2 bulan, rambut yang rontok dapat berangsur kuat kembali.
  3. Menurunkan kadar gula pada penderita diabetes. Kadar gula dalam darah pada penderita diabetes dapat menurun jika mengkonsumsi bawang bombay secara rutin selama 2 bulan. Namun penelitian ini belum mendapatkan bukti yang cukup. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter.
  4. Baik untuk penderita hipertensi. Bagi penderita hipertensi atau tekana darah rendah, manfaat bawang bombay yang mengandung vitamin E dan vitamin C mampu menurunkan tekanan darah.
  5. Mengatasi gigitan serangga. Gigitan serangga dapat sembuh dengan manfaat bawang bombay. Cukup dengan memotong sedikit bawang bombay selanjutnya anda bisa menggosok bagian yang digigit serangga.
Kandungan dan manfaat bawang bombay masih perlu banyak pengembangan kembali. Jadi jika memutuskan mengambil manfaat dari bawang bombay unutk mengobati berbagai penyakit yang anda derita, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Baca Juga : 4 Manfaat Daun Seledri Mengatasi Gangguan Kesehatan

Jika memutuskan mengambil manfaat bawang bombay untuk kesehatan, ada beberapa kondisi yang perlu diwaspadai jika ingin mengkonsumsi bawang bombay, diantaranya :
  1. Untuk ibu hamil dan menyusui
  2. Bagi penderita diabetes, disarankan untuk tetap mengontrol kadar gula
  3. Setelah menjalani atau sebelum melakukan operasi dianjurkan untuk menghentikan pengobatan yang memakai bawang bombay. Karena bawang bombay dapat menghambat proses pembekuan dalam darah
  4. Ada sebagian orang alergi terhadap bawang bombay, jika terjadi segera hentikan konsumsi bawng bombay dalam bentuk apapun. Segeralah periksakan ke dokter unutk mendapatkan diagnosa yang lebih akurat.

Mendapatkan manfaat bawang bombay untuk kesehatan memang baik. Untuk hasil yang lebih maksimal dari manfaat bawang bombay alangkah bijaknya jika tidak mengkonsumsi secara berlebihan. Tidak ada dosis atau takaran pasti seberapa banyak bawang bombay untuk dikonsumsi sebagai obat.

Agar anda tidak takut dan ragu seberapa banyak bawang bombay yang anda konsumsi sebaiknya gunakan bawang bombay untuk campuran sebagai bumbu, tanpa banak menambahkan kalori, sodium (garam), dan lemak.

0 comments

View MoreHOTTEST ARTICLES