7 Referensi Ide Usaha Sampingan yang Masih Cocok Dilakukan untuk Lansia

Memasuki usia yang tergolong sudah tidak muda lagi, secara otomatis, mereka akan mengurangi porsi untuk melakukan kegiatannya, terlagi untuk bekerja. Selanjutnya menjadi giliran anak-anaknya yang akan merawat dan membiayai hidup orang tuanya. Namun, banyak juga orang tua yang masih ingin melakukan kegiatan supaya tetap produktif dalam mengisi hari-harinya, lebih baik lagi jika kegiatan tersebut dapat menghasilkan rupiah.

ide bisnis lansia, usaha yang cocok untuk mertua, usaha untuk orang tua

Jika orang tua Anda ingin membuka sebuah bisnis, Anda tidak harus langsung melarangnya. Perhatikan dahulu bagaimana kondisi kesehatannya. Jika masih memungkinkan untuk melakukan kegiatan, mungkin ada baiknya jika Anda membiarkannya untuk menjalankan gagasan bisnisnya tersebut. Meski usianya telah menginjak kepala 50 lebih, orang tua tetap masih bisa bekerja atau berkarya sesuai dengan pasionnya.

Tentu saja, bisnis yang dipilih usahakan yang mudah untuk dikelola, tidak memforsir tenaga orang tua. Bisnis apa ya yang cocok untuk lansia? Daripada penasaran, berikut ini ada sejumlah referensi ide usaha sampingan yang masih cocok dilakukan untuk lansia tanpa membahayakan kesehatan atau memforsir tenaga mereka.

1. Warung makan

Biasanya, orang tua pandai sekali memasak. Kebiasaan memasak untuk keluarganya, membuatnya berpengalaman dalam mengolah makanan yang lezat. Coba salurkan kelebihan memasak dengan membuka warung makan rumahan. Warung bisa digelar di depan rumah dan mempekerjakan sejumlah orang untuk membantu orang tua melayani pembeli.

2. Bisnis kue

Jika orang tua punya keterampilan membuat kue saat masa mudanya, lanjutkan saja di masa tua. Sebab mengolah kue yang enak tentu ada rahasianya. Tidak sekadar resep, tapi keterampilan dan pengalaman dalam mengubah adonan. Bisnis kue ini bisa jadi bisnis sampingan. Namun bila banyak pesanan, orang tua bisa meminta bantuan anggota keluarga atau pegawai untuk menolongnya

3. Toko kelontong

Usaha toko kelontong bisa menjadi referensi bagus berikutnya. Banyak orang tua yang masih aktif berniaga dengan membuka toko kelontong. Orang tua Anda juga dapat melakukannya jika beliau mau menjalankannya. Produk yang ditawarkan bisa beraneka ragam, sesuaikan dengan target konsumennya. Misalnya, memasarkan produk minuman ringan, snack, susu, es krim, detergen, tisu, dan produk-produk keperluan rumah tangga lainnya.

Baca Juga : 6 Cara Menghadapi Konsumen Komplain Agar Tetap Loyal

4. Sewa kost

Jika orang tua Anda punya properti atau lahan kosong dan punya banyak modal, maka coba mendirikan bisnis rumah kost. Bisnis ini tidak susah dikelola, sebab orang tua cukup memantau saja. Sementara untuk pemantauan selama 24 jam, Anda dapat memperkerjakan sekuriti atau penjaga kosan. Selain untuk bisnis, rumah kos juga merupakan investasi yang baik untuk masa depan. Sebab harga properti akan terus naik. Jadi, bisnis ini paling menjanjikan, terutama jika properti didirikan di area yang strategis.

5. Usaha kerajinan tangan

Orang tua dapat memanfaatkan hobinya membuat kerajinan tangan untuk bisnisnya. Mengenai jenis kerajinan tangan, ada baiknya jika sesuai dengan yang dikuasainya serta, mudah dilakukan. Misalnya, membatik, menyulam, membuat boneka kain, membuat gelang dari tali, membunga bunga dari kertas, dan sebagainya. Usaha ini dapat dikerjakan sendiri. Mungkin tidak menghasilkan banyak uang, namun yang penting orang tua Anda senang melakukannya dan waktu luangnya terisi dengan kegiatan yang positif.

6. Tempat les anak

Cobalah membuka tempat les anak di rumah. Orang tua seringkali suka dengan anak-anak kecil. Menghabiskan waktu bersama anak-anak akan menyenangkannya, walau terkadang anak-anak susah diatur. Pelajaran yang diajarkan bisa disesuaikan dengan keahlian orang tua. Misalnya, les bahasa inggris, les mengaji, dan lain-lain.

7. Menulis buku

Bagi yang memiliki hobi menulis, usahakanlah membuat buku fiksi atau motivasi. Orang tua Anda tentu memiliki banyak pengalaman berharga atau ide-ide di pikirannya. Lebih baik ditulis menjadi sebuah buku yang nantinya bisa dijual. Tidak selalu mendapatkan keuntungan, namun karya orang tua dapat menginspirasi semua pembaca. Jika bukunya laris, orang tua pun bisa mendapatkan publisitas. Ini akan menjadi sebuah pengalaman dan penghargaan di masa tuanya.

Nah, itulah 7 referensi ide usaha sampingan yang masih cocok dilakukan untuk lansia. Jika orang tua Anda tertarik, Anda bisa ikut memantau usahanya. Sehingga Anda dapat meyakinkan bahwa beliau masih bisa bekerja dengan baik dan terpenting tidak mengganggu kesehatannya. Semoga bermanfaat bagi para pembacanya, dan selalu hargai ide dan keinginan orang tua Anda.

0 comments

View MoreHOTTEST ARTICLES